Skip to main content

KAPAN WEAKPOINT PERLU DIGANTI?


Weakpoint adalah titik lemah pada sebuah toolstring, kegunaannya adalah untuk memutuskan toolstring dari kabel yang membawanya masuk kedalam sumur. Mengapa toolstring perlu diputuskan dari kabel? Karena dalam kondisi tertentu (e.g Deviasi di sumur tinggi) tidak memungkinkan untuk pull out off hole a.k.a toolstring terjepit. Sehingga satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah menyelamatkan kabel dan meninggalkan toolstring didalam sumur. Sehingga diperlukan adanya weakpoint. Berikut ini adalah kondisi-kondisi yang diperlukan untuk pergantian weakpoint:

  1. Apabila telah ditarik lebih dari 75% dari LWPR-nya. (LWPR: Lower Weak Point Rating)
  2. Sudah terexposed to temperature yang lebih tinggi dari temperature ratingnya.
  3. Sudah terexposed oleh kondisi freezing di head with no grease on HGT (Hi Grease Tube)
  4. Marginally longer than a normal weakpoint. Artinya adalah weakpoint tersebut telah mengalami yield disebabkakn oleh tarikan / shock load dan bisa fail (putus) kapanpun.
  5. Jika sudah bengkok, meskipun sedikit.
  6. Apabila head history/weakpoint history tidak diketahui.
  7. Jika ada tanda-tanda korosi (pitting, blackened area) setelah dicuci.
  8. Apabila tidak ada gejala-gejala seperti disebut diatas maka pergantian weakpoint perlu dilakukan secara bulanan untuk mengurangi kemungkinan korosi.
  9. Local environment mungkin juga membutuhkan pergantian weakpoint yang sering, tergantung pada kondisi sumur.Maka dari itu, semua weakpoint yang terexposed high-chloride  membutuhkan ergantian weakpoint setiap selesai job. Adapun any-nonrated H2S weakpoint inadvertently (secara tidak sengaja) exposed to H2S membutuhkan pergantian dengan segera. (Currently, MP35N flexible weak point yang merupakan H2S WP)
Informasi yang lain yang perlu diketahui adalah ukuran panjang kabel.
Perlu diketahui bahwa kabel yang kita gunakan disini beragam macamnya, disini saya akan membahas tentang perbedaan kabel dengan OD 0.23; 0.25; 0.32 inch.

Dalam pengukuran panjang kabel yang terdapat di drum, bisa dilakukan denan cara mengukur resistansi kabel lalu dibagi dengan 1000 ft. Berikut nilai resistansi masing-masing kabel untuk operasional Wireline Cased Hole:

  • 0.25 ZA/ZT = 10.4 ohm / kft
  • 0.23 = 7.1 ohm / kft
  • 2.23 (Coax Cable)= 10.23 ohm/kft
  • 0.32 = resistansi nya harus rendah (3 ohm / kft)
Cara menghitung panjang cable dengan resistansi adalah dengan menggunakan multimeter. Lead positive  dan negative dihubungkan  ke core dan body cable yang ada di dalam cable collector. Setelah didapatkan besar resistansinya, lalu kalikan dengan angka yang sesuai dengan jenis kabel tersebut, sehingga didapatkan panjang kabel dalam satuan ft.

Informasi lainnya yang perlu diketahui adalah bagaimana cara mengetahui ciri-ciri kabel stuck dikarenakan stranded armor. Beberapa ciri-cirinya antara lain sebagai berikut:

  • Tension up-down memiliki fluktuasi yang cepat
  • injeksi grease makin banyak (pemompaannya) dikarenakan loss grease seal.
  • Sheave wheel naik-turun dengan begitu cepat.
Step-step yang harus dilakukan apabila mengalami hal tersebut adalah:
  1. Stop the winch
  2. Diskusikan dengan crew dan Client bahwa kita akan melakukan prosedur stranded armor.
  3. Siapkan peralatan-peralatan yang diperlukan seperti cable clamp, cable cutter, etc.
  4. Tutup BOP dan tutup stuffing box, jika konfigurasi BOP adalah triple ram, maka ram yang paling atas dulu yang ditutup.lalu injeksikan grease sebesar 1.2 SIWHP. Apabila ternyata ram pertama rusak, tutuplah ram ke 2 dan perbaiki ram 1 tadi.
  5. Kendalikan blok manifold. Pasang pressure gauge di BOP, valve A dalam posisi terbuka.
  6. Close BOP rams hydraulically dan manually (to make sure), injeksi grease
  7. Konfigurasi dari blok manifold yang harus selalu dibuka adalah valve D (karena valve ini digunakan untuk penginjeksian grease).
  8. Valve lain yang harus ditutup adalah valve B, C, E dan F. Gambar dibawah ini menunjukkan gambar konfigurasi block manifold yang harus di operasikan.

Block manifold Status.

Pengukuran lain yang perlu dilakukan adalah mengukur resistansi dan voltase toolstring yang akan digunakan pada sebuah job, antara lain:
  1. CCL. Resistan yang harus terbaca saat ukur CCL:
    LH pin ke housing = 16-22.8 MOhm (ada zener diode). Dioda Zener adalah diode yang memiliki karakteristik menyalurkan arus listrik mengalir ke arah yang berlawanan jika tegangan yang diberikan melampaui batas "tegangan tembus" atau "tegangan Zener"
    UH pin ke housing = 3.6 KOhm
    PCCL-N. Check coil resistance at 20 degC [68 degF]: it must be within the range 3,600–4,000 Ω.
    Diode PCCL-N. Meter reading should be within the range of 6 V to 8.5 V.
    PCCL-L. Do a resistance check between the upper contact spring and ground spring with a multimeter. Make sure that the value is read between 3150 Ohms and 4050 Ohm.
    Diode PCCL-L. Meter reading should be within the range of 6 V to 8.5 V.
    CAL-B. Measure the resistance between the upper head contact spring. The value must be between 10 kΩ and 14 kΩ.
    Diode CAL-B. Meter reading should be within the range of 6 V to 8.5 V.

    PROSEDUR UKUR DIODE
    . Using procedures included in the Digital Safety Multi-Meter (T6005200), the diodes should read between 6 V and 7.9 V in both polarities. dari Upper spring ke Lower spring = 6-8.5 Volt. Tiap spring membacanya 6-7.9 V.
  2. Voltage dari grounding wire ke grounding wire = < 1 V.
  3. UPCT.
    UH pin ke Housing = > 1 MOhm.
    LH pin keHousing = 30KOhm +/- 1
Jenis-jenis detonator yang dipakai untuk pekerjaan perforasi: Konvensional Detonator dan Secure2 Detonator.

Sebelum di-arming dengan kabel di gun, ada baiknya detonator tersebut diukur kapasitansi, voltage, ataupun resistannya.

Konvensional deto = 50-60 Ohm, untuk bisa send current 200 Volt.
Secure2 deto = Kapasitansinya 85-115nF, untuk send current sebesar 250-400 Volt.


Jika ada hal yang perlu ditanyakan, tolong tinggalkan komentar dbawah ini.


Regards,

Author.

Comments

INFO HITS

MAKALAH TENTANG BAYI TABUNG (FERTILISASI IN VITRO) DAN TUMBUHAN & HEWAN TRANSGENIK

Fertilisasi In Vitro Bab I A.   Definisi Bayi tabung  atau  pembuahan in vitro  (bahasa Inggris:  in vitro fertilisation ) adalah sebuah teknik pembuahan dimana sel telur (ovum) dibuahi di luar tubuh wanita. Atau FIV adalah teknik mencampurkan sel telur wanita dengan spermaa dari pasangannya ke dalam wadah kecil atau tuba tes di laboratorium untuk membuat fertilisasi terjadi. Begitu sel telurnya berhasil difertilisasi (pada tahap ini dikenal sebagai embrio), satu atau lebih embrio ditempatkan di kandungan wanita melalui serviks.  B.    Tujuan Untuk membantu pasangan suami istri yang sulit mendapat keturunan atau anak. Ataupun bagi pasangan yang ingin menentukan jenis kelamin bagi buah hati mereka. C.   Langkah – Langkah 1.     Istri diberi obat pemicu ovulasi yang berfungsi untuk merangsang indung telur mengeluarkan sel telur yang diberikan setiap hari sejak permulaan haid dan baru dihentikan setelah sel-sel telurnya matang. 2.     Pematangan sel-sel telur sipantau se

Review Klinik Kecantikan Gloskin

Halo, akhirnya kesempatan juga untuk posting Review Klinik Kecantikan. Kali ini aku akan nge-review tentang Klinik Kecantikan Gloskin. Postingan ini ditujukan kepada kalian pada beauty seeker yang sedang bingung pilih-pilih klinik mana yang kira-kira bagus buat perawatan wajah. Berdasarkan pengalamanku dulu sih gitu, jadi tiap aku akan melakukan segala sesuatu, pasti aku akan cek ke gugel atau yutup buat sekedar ngliat review-an orang-orang. Biar gak nyesel aja gitu, yaa walaupun ada beberapa klinik yang sudah aku lihat reviewnya tetep aja zonk! wkwkk. Tapi postingan ini aku buat sejujur-jujurnya mengenai Gloskin, guys! Ok, aku critain dulu yah aku ini siapa dan kegiatan apa yang sehari-hari aku lakukan. Jadi gini, guys. Aku ini adalah seorang engineer yang kerjanya dilokasi (kadang onshore kadang juga offshore), tapi aku juga hobi banget nulis jadi aku punya blog ini dari jaman aku SMP, awalnya hanya untuk menyimpan materi belajar tapi sekrang makin kesini makin campur-campur

biological task

hi ! makasih untuk malam ini tugas saya telah finished dengan baik ini nih artikelnya : saya dapet dari blog yang keren ini alamatnya blog 1 dan blog 2 informasi dari blog 1 dan 2 gue mixing hehe makasih ya ownernyaa (: Struktur Perkembangan Tumbuhan Posted on December 12, 2011 by Dian Jaringan Tumbuhan  Tumbuhan tersusun atas berbagai jaringan.Definisi jaringan adalah sekelompok sel dengan asal-usul,struktur,dan fungsi yang sama.Jaringan pada tumbuhan dikelompokkan berdasarkan tempatnya dalam tumbuhan, tipe sel, fungsi, asal-usul, dan tahap perkembangannya. Berdasarkan jumlah tipe sel penyusunnya, jaringan dibedakan menjadi jaringan sederhana dan jaringan rumit. Jaringan sederhana bersifat homogen,hanya terdiri dari atas satu tipe sel,sedangkan jaringan rumit bersifat heterogen, terdiri atas dua atau lebih sel. Parenkim, kolenkim, dan sklerenkim adalah jaringan sederhana, sedangkan xilem, floem, dan epidermis  adalah jaringan rumit. A. Jaringan Meristem