Skip to main content

How Do You Feel – Female in Engineering ADVANTAGE AND DISADVANTAGE


Kalau kata gue sih, in engineering world female itu bisa lah dihitung jari APALAGI in oil and gas world women is the minority, they say. Gak salah memang that’s true. Karena banyaknya sudut pandangan orang-orang yang menilai bahwa Oil and Gas world itu ya rata-rata gini,
Kebanyakan cowok

High risk (risiko kerja yang sangat besar, apalagi buat para perempuan)

Seriously “hard work”

Jarang bertemu keluarga

Jadi QUEEN diantara para pejantan.



LALU, APA SIH “NIATMU”  STUDYING ENGINEERING WORLD?

Kamu kuliah di teknik, niatmu apasih? untuk beberapa mahasiswi survey membuktikan beberapa alasan to why did she choose studying engineering, like:

1.      Memang passion dan bakat dari kecil karena gue suka banget sama yang namanya megang alat, atau mbenerin sepeda sendiri atau ngecat rumah sendiri and bla-bla-blah itu yang berkaitan dengan engineering! Dan gue mau jadi perempuan hebat yang bisa menyamai laki-laki, syukur-syukur bisa lebih, tergantung ikhtiar sih. Makanya gue mau kuliah ambil teknik, untuk menunjukkan pada dunia that women and men are equal. Pokoknya gue suka teknik. Itu gue bangettt. Titik.
 iyee iyee gausah nge gas gitu atuh, ya sok lah belajar yang bener biar bisa mewujudkan impianmu dalam dunia keteknikkan, goodluck!

2.      Gue masuk teknik ini ya sebenernya menerima nasip aja sih, sebetulnya bukan keinginan gue, dulu gu pengen jadi penyanyi. Eh ternyata, pas ada tes masuk kuliah prodi engineering gue masuk, dan disitu gue sadar bahwa gue (mungkin) bisa sukses di dunia teknik, so why not! Gue kubur dalam-dalam cita-cita gue dan sekarang gue malah mencintai dunia teknik!! karena ternyata seruuu banget lohhhhh, gue bahkan merasa sangat bersyukur that this is my fate
Syukur dehhh kalo gitu, gue doain yang terbaik buat lu. Karena siapa tau berkat keseriusanmu menekuni engineering world malah jadi “bagusnya” buat hiduplu, kan?

3.      Gue masuk teknik karena nerima nasip jadi yaudah jalanin aja. Tapi gue ga ingin nanti kerja di dunia teknik, berat euiy! gue gasanggup, bukan gue banget. Gue pengen pindah jurusan yang lebih asoy. Gue mikirnya gini loh, nanti gue pas udah umur-umur harus menikah dan punya anak, gue takut gabisa nge handle itu semua. Jadi gue berangkat kuliah pun hanya untuk memenuhi absen. Gak ada satu mata kuliah pun yang nyantel di otak gue. Pengen pindah jurusan tapi sudah terlanjur, jadi yaa udahlah sampe lulus aja bgini. Gue gak ngurus sih, mau dapet nilai jelek apa bagus. Orang gue gak niat dari dulu, gue begini inih gara-gara tuntutan orang tua aja sih.
Yaelaa mbaknya, kasian amat hiduplu hahahah kenapa gue bilang kasian? Karena ya kasian aja deh lu. No comment, lu emang salah dari awal sih menurut gue kenapa gak pindah jurusan aja dan meyakinkan orng tua kalau elu gak ada minat sama sekali dengan teknik(eh, tapi kok bisa masuk teknik ya? HMMMMMM). Emang sih, ga ada salahnya elu nanti gak kerja di bidang teknik pun itu up to you lah yaw dan gue disini juga menghormati prinsipmu bahwa nanti perempuan bakal punya suami dan anak-anak, tapi sebetulnya akal ada aja jalan kok kalo emang lu niat di teknik dan nggak menjadikan alasan tersebut menjadi kambing hitam dihidup, lu. Gausah bawa bawa kodrat perempuan dong lagian everyone knows lah perempuan bakal punya suami dan anak dan jadi ibu, itu tergantung strategi hidup masing-masing sih kalo gue bilang. Banyak kok, ibu-ibu yang bekerja dibidang teknik dan mereka punya kluarga, punya anak juga! mereka bisa loh! Jadi saran gue sih malah engineering world sangat menuntut lu para perempuan supaya berpikir kritis dan cerdas dalam menghadapi kemungkinan yang ada didepan. Tak ayal sih kalo cewek-cewek yang udah niat berkutat di engineering itu cerdas-cerdas! Padahal kalo lu nyadar bahwa dunia teknik sangat menjanjikan, lu gabakal lagi males-males kuliah, dan mungkin lu malah jadi beban bagi temen seangkatan lu, contohnya adalah pada saat ada tugas dan lu plonga-plongo gabisa ngerjain dan akhirnya jalan pintas, nyontek kopi paste, insaff mbaknyaaa.....kasian loh temenmu yang udah dengan susah payah bikin tugas, lu malah enak enak cekrek (motoin tugas pake smartphone lu)! atau minta file tugas ke temen lu, gak kasian apa?. yasudahlah, Mind your own business! haha (kenapa gue yang ribet. PS: sesi curhat sebenernya sih)

4.      Alasan mendasar gue masuk didunia teknik khususnya teknik perminyakan sih karena gue pengen punya suami yang kerjanya di perminyakan, kan duitnya banyak, gue nanti bisa hidup berkecukupan dong, bisa beli ini itu dari hasil duit suami gue. Jadi gue kuliah di jurusan teknik perminyakan ini ya sebenernya untuk alasan itu. Ya dikit-dikit ngerti lah bahasan tentang perminyakan. Tapi kalo ditanya nanti gimana untuk karir kedepan ya, gue BIG NO! Gue ogah-ogahan kerja di industri, nanti jadi itemm lagi, gabisa nyante, nyalon, perawatan. Dekil deh.”
Gitu ya? hehe semoga sih cowok-cowok teknik ada yang baca artikel gue ini. Bahwasanya ada saja mereka yang berpemikiran demikian. Lagian menurut gue, cowok yang cerdas pun kalau mau pilih pasangan ya pasti milih yang cerdas juga dong? Lahh, kalo elunya aja gak seperti yang diharapkan. Lalu, bagaimana dong???? hihi kata orang sih gini, “perempuan baik untuk laki-laki baik. Begitu pula sebaliknya” jadi, gimana kalo elunya aja B aja. Menurut gue sih, kecil kemungkinan yaa.. kecuali elu adalah mahasiswi paling populer, cantik, berprestasi, dan banyak dosen yang kagum sama elu. Ituu baroeeeee, Joss! Back then again, kalo emang itu fate itu sih, ya gue cuma ikut seneng aja. Tapi kisah hidup lu itu sangat tidak menginspirasi, sih. Karena peluangnya sangat kecil, dan kesannya hiduplu itu ga ada usaha utk jadi pribadi lebih maju, deh. Heran gue.
Masih banyak lagi sebenernya, tapi gue tampilkan komentar para sista yang paling sering dijumpai di Indonesia. Begitulah kira-kira gambarannya.


DISADVANTAGE:

1. Jadi ngerti the worst things nya cowok-cowok terganteng dikampus. Misalnya si A tukang ngupil, kentut sembarangan, ngiler, dan masih banyak  lagi
2. sering mendengar kalimat-kalimat jorok, maklumin aja emang kamu masuk keduia mereka mau tidak mau ya kupingmu “terkotori” oleh hal tersebut.
3. Kamu bakal dianggap playgirl oleh kebanyakan orang terutama mahasiswi lain yang iri begete sama eksistensimu dalam kelas teknik, hell yea!


ADVANTAGE:

1. Kamu jadi narasumber terbaik bagi cewek-cewek lain yang ternyata naksir salah seorang temanmu.
2. Kamu jadi ngerti bagaimana cara mencari laki-laki yang baik. Kamu tanpa sadar juga mempelajari karakter banyak laki-laki dan pada akhirnya kamu mngerti tipe laki-laki seperti apa yan kamu butuhkan.
3. Kamu lebih bisa berpikir logis, no drama, dan minim gosip! Paling malahan kamu jadi kecanduan game, karena kebanyakan teman cowok  mu adalah gamers.
4. Kamu bisa leluasa bertanya dengan siapapun teman cowokmu  jika kamu menemui kesulitan dalam belajar, diam-diam sekarang aku mengerti bahwa cowok adalah partner belajar terbaik. Mereka tidak mungkin akan memarahimu jika kamu masih saja belum mengerti perihal mata kuliah yang sudah teman cowokmu  coba jelaskan. so sweet kan!
5. Your life guard everywhere! Saat kamu sedang berjalan-jalan ke suatu  tempat bareng sama temen cowokmu, pasti kebanyakan orang akan memandang kearahmu dan  please careless about  what they think! Jika ada yang akan berani macam-macam denganmu, dibelakangmu berdiri banyak cowok-cowok yang akan melindungimu dan siap berkelahi untukmu. SO SWEET KAN!!!!!!!!!!!!!!!!
6. Kamu ga akan jaim didepan mereka, saling berbagi makanan dan lama kelamaan kalian sudah seperti kakak beradik. Seruuu banget!!!!!

Yang jelas for the future female engineer remember this! Passion is the most important thing in pursuing career. this is right, a career or work need the match with our passion. No matter whether you a male or female, when u already find out your passion then just do it! in Australia increasing the participation of women in the sector is seen as a key strategy to address the current skill shortage. Many companies are lookin to impove their recruitment and retention of women as they recognize the significant opportunities to increase business productivity through increasing women’s participation in the sector. (source: AMMA – resources industry employer group). For me, life is exploring my curiosity and doing anti mainstream things. my curiosity is like i want to travel around the world, learning new things and see different culture. my efforts to chase them are enriching my ability in language for communication, trying to understand all of my engineering subjects, develop a good networks with oil and gas engineers all around the world. So, if you prove you can do the job, then everything else will fall into place for you, and people are more willing to assist you. always be professional and prove your technical competence! YOU CAN DO IT.
I hope someone out there will get inspired!

Comments

INFO HITS

MAKALAH TENTANG BAYI TABUNG (FERTILISASI IN VITRO) DAN TUMBUHAN & HEWAN TRANSGENIK

Fertilisasi In Vitro Bab I A.   Definisi Bayi tabung  atau  pembuahan in vitro  (bahasa Inggris:  in vitro fertilisation ) adalah sebuah teknik pembuahan dimana sel telur (ovum) dibuahi di luar tubuh wanita. Atau FIV adalah teknik mencampurkan sel telur wanita dengan spermaa dari pasangannya ke dalam wadah kecil atau tuba tes di laboratorium untuk membuat fertilisasi terjadi. Begitu sel telurnya berhasil difertilisasi (pada tahap ini dikenal sebagai embrio), satu atau lebih embrio ditempatkan di kandungan wanita melalui serviks.  B.    Tujuan Untuk membantu pasangan suami istri yang sulit mendapat keturunan atau anak. Ataupun bagi pasangan yang ingin menentukan jenis kelamin bagi buah hati mereka. C.   Langkah – Langkah 1.     Istri diberi obat pemicu ovulasi yang berfungsi untuk merangsang indung telur mengeluarkan sel telur yang diberikan setiap hari sejak permulaan haid dan baru dihentikan setelah sel-sel telurnya matang. 2.     Pematangan sel-sel telur sipantau se

Review Klinik Kecantikan Gloskin

Halo, akhirnya kesempatan juga untuk posting Review Klinik Kecantikan. Kali ini aku akan nge-review tentang Klinik Kecantikan Gloskin. Postingan ini ditujukan kepada kalian pada beauty seeker yang sedang bingung pilih-pilih klinik mana yang kira-kira bagus buat perawatan wajah. Berdasarkan pengalamanku dulu sih gitu, jadi tiap aku akan melakukan segala sesuatu, pasti aku akan cek ke gugel atau yutup buat sekedar ngliat review-an orang-orang. Biar gak nyesel aja gitu, yaa walaupun ada beberapa klinik yang sudah aku lihat reviewnya tetep aja zonk! wkwkk. Tapi postingan ini aku buat sejujur-jujurnya mengenai Gloskin, guys! Ok, aku critain dulu yah aku ini siapa dan kegiatan apa yang sehari-hari aku lakukan. Jadi gini, guys. Aku ini adalah seorang engineer yang kerjanya dilokasi (kadang onshore kadang juga offshore), tapi aku juga hobi banget nulis jadi aku punya blog ini dari jaman aku SMP, awalnya hanya untuk menyimpan materi belajar tapi sekrang makin kesini makin campur-campur

biological task

hi ! makasih untuk malam ini tugas saya telah finished dengan baik ini nih artikelnya : saya dapet dari blog yang keren ini alamatnya blog 1 dan blog 2 informasi dari blog 1 dan 2 gue mixing hehe makasih ya ownernyaa (: Struktur Perkembangan Tumbuhan Posted on December 12, 2011 by Dian Jaringan Tumbuhan  Tumbuhan tersusun atas berbagai jaringan.Definisi jaringan adalah sekelompok sel dengan asal-usul,struktur,dan fungsi yang sama.Jaringan pada tumbuhan dikelompokkan berdasarkan tempatnya dalam tumbuhan, tipe sel, fungsi, asal-usul, dan tahap perkembangannya. Berdasarkan jumlah tipe sel penyusunnya, jaringan dibedakan menjadi jaringan sederhana dan jaringan rumit. Jaringan sederhana bersifat homogen,hanya terdiri dari atas satu tipe sel,sedangkan jaringan rumit bersifat heterogen, terdiri atas dua atau lebih sel. Parenkim, kolenkim, dan sklerenkim adalah jaringan sederhana, sedangkan xilem, floem, dan epidermis  adalah jaringan rumit. A. Jaringan Meristem