Skip to main content

Jack Up Rig


Unit pengeboran lepas pantai tipe jackup mobile (MODU) telah menjadi unit pengeboran utama bawah tanah, menggusur kapal selam dan sebagian besar unit platform.
Overview
Keunggulan yang paling utama dari desain jackup adalah dapat membuat sebuah platform berdiri seimbang untuk kepentingan pengeboran dan dapat kegiatan mobilisasinya relatif cepat dan mudah. Meskipun biasanya didesain untuk beroperasipada kedalaman yang sangat dangkal,beberapa unit yang baru, seperti contohnya “ultra-harsh environment” Maersk MSC C170-150 MC, merpakan unit yang besar dan bisa dioperasikan di kedalaman 550 ft pada GOM. Dengan 673.4 ft panjang kakinya, sebuah hull dimension sebesar 291 x 336 x 39 ftz dan sebuah variable deck load (VDL) sebesar 10,000 ton. Tipe dari unit ini sangat kompetitif secara komersial hanya di wilayah North Sea dan pada situasi-situasi yang sangat istimewa. Terdapat 2 tipe unit Jackup :
ü  The independent leg type jackup unit, biasanya terdiri dari 3 kaki dengan konstruksi jeruji.
ü  Tipe Jackup Mat, kaki-kaki nya disatukan pada mat (sejenis landasan) yang lebar yang diletakkan pada bagian bawah lautan.
Kedua tipe jackup diatas memiliki sebuah lambung (hull) yang mengapung sampai ke lokasi, menjangkarkan kaki-kakinya pada dasar samudra, lalu kemudian jangkarnya akan mengapung kepermukaan air.
Unit Jackup Tipe Independent-Leg
Untuk unit independent-leg, “Pre-loading” dibutuhkan untuk menggerakkan kaki-kakinya untuk mencapai ke dasar samudra sebelum lambung (hull) nya benar-benar  dijangkarkan keluar dari air. Selama melakukan prosedur ini, MODU jackup terpapar cuaca dan hantaman-hantaman terhadap kaki-kaki jackup seperti contohnya, satu kaki –nya bisa saja rusak karena sebuah hantaman keras, meletakkan kaki-kaki yang lain pada sebuah bentangan yang sangat lebar. Biasanya, 5-ft swells dan atau sebuah combined-sea 8-ft merupakan maksimum area yang mana masih dapat digunakan tipe jackup ini agar untinya dapat dijangkarkan keluar, jika lambungnya harus tergulung, terlempar, dan akan terbebani load yang sangat berat , maka akan timbul sebuah masalah, yaitu kerusakan yang parah pada kaki-kakinya.
Urutan preload biasanya dilakukan secara bertahap, dengan cara lambung kapal jangan sampai naik lebih dari 5 ft dari air untuk melindungi dari hantaman kaki. jika dasar lautnya lunak dan terdiri dari tanah liat, tidak jarang bisa melakukan 7 atau lebih urutan, dengan masing-masing urutan memakan waktu 7 sampai 12 jam. Preload unit pompa air laut ke tanki, menambahkan berat  ke lambung dan mengemudikan kaki. Setelah kaki digerakkan dan lambung masuk ke air, air lautyang masuk dibuang ke luar dan urutan preload bisa diulang lagi dari awal. Proses ini dilakukan sampai kakitidak lagi menembus dasar laut. Konsepnya adalah untuk memuat kaki ke tingkat di atas yang akan dihadapi unit ini dilingkungan yang paling sulit diprediksi.
Unit premium  yang lebih baru dan disempurnakan bisa melakukan preload sekali saja dimana sistem jacking cukup kuat untuk menyambungkan unit ini dengan semua onboard air preload, bobot dasar lambung kapal, dan VDL transit penuh. Ini adalah keuntungan yang signifikan karena “ jendela cuaca” yang jauh lebih kecil dapat diterima untuk memindahkan unit. Jackup paling rentan  terhadap kerusakan atau kehilangan besar saat mengambang.
Unit Jackup Tipe Mat
            Jenis jackup mat juga biasanya terdiri dari tiga kaki yang berbentuk silindris dan berdiameter 8-12 kaki. Matting dilakukan tepat dibawah lambung kapal saat mobilisasi, biasanya dengan jarak kira-kira 5 ft. Ketika unit datang ke lokasi, lalu dilakukan pemasangan mat ke dasar laut, dan karena tekanan bantalannya yang rendah, biasanya di bawah 500-600psf, unit tersebut memasang lambung kapal tanpa melalui urutan preload yang diperlukan untuk independent-leg unit. Bethlehem steel corp. membangun sebagian besar unit ini dari tahun 1950an sampai 1980an. Keuntungan utama meraka adalah harganya yang relatif murah untuk dilakukan pembangunan dan tdak meninggalkan jejak di lokasi pemboran.
Sayangnya unit jackup tipe mat ini juga memiliki beberapa kelemahan:
Mereka sangat rentan terhadap kerusakan benda apapun di dasar samudra. Mereka menderek dengan sangat pelan karena mat dan lambungnya yang besar dan membuat banyak hambatan. Mat tersebut rentan tercungkil oleh baling-baling yang berputar. Lambung atas mereka memiliki ruang penyimpanan dek terbuka yang terbatas. Kaki-kakinya kadang membentuk getaran kaki yang disebabkan angin yang dikenal sebagai pusaran yang mengakibatkan angin kencang, yang bisa menyebabkan kegagalan. Tumpahan Vortex adalah bentuk getaran berat yang terlihat dengan adanya tumpukan asap tanpa spoiler.Sebagian besar rig mat memiliki silinder untuk kaki dan secara struktural terbatas pada kedalaman air yang dangkal, biasanya kurang dari 250 sampai 275 kaki. Hanya beberapa unit yang sudah mencapai 300 kaki. Untuk alasan ini, jackup mat banyak yang tidak menyukai meskipun harganya relatif lebih murah dan untuk beberapa tipe sumur dalam jumlah yang banyak.
Faktor-faktor yang biasanya berpengaruh terhadap kedua jenis jackup tersebut diatas adalah, adanya gap udara, atau adanya jarak dari mean water level ke bagian bawah dari hull saat unitnya dijangkarkan pada saat kondisi beroperasi, merupakan hal yang sangat kritis. Bagian bawah dari hull harus memiliki sebuah air-gap yang cukup lebar yang mana jika terpapar ombak yang besar, crest tidak akan menabrak hull dan tidak menyebabkan rig nya terbalik. Ukuran air-gap biasanya 35-50ft, dengan ukuran air-gap yang cukup besar didalam air dangkal, karena ketinggian ombak akan terbentuk sesuai dengan penurunan kedalaman air. Jika unit jack up harus bekerja pada sebuah platform yang memiliki deck yang sangat tinggi, air gaps mencapai 100 ft merupakan hal yang tidak lazim, namun hal ini sangat mengurangi rating kedalaman air. Rating kedalaman air pada jackup biasanya menggunakan sebuah minimal leg penetration sebesar 15 hingga 25ft, yang mungkin tidak terjadi dalam operasi sebenarnya. Jackup independent dan mat-leg juga hadir dalam dua jenis lantai bor, slot dan cantilever. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, unit dlot awalnya dibangun pada tahun 1970an; Namun dengan platform yang lebih besar, kemampuan untuk menghantam lantai bor diatas platform memiliki keuntungan melebihi unit slot, yang hanya bisa “menelan” platform ukuran minimal. Saat cantilever bergerak keluar untuk memposisikan dirinya diatas sumur, umunya kehilangan nilai beban drillstring keseluruhan. Pemuatan gabungan erdiri dari ketegangan pengait, setback, rotary, dan drive-pipe jika tegangan itu tergantung pada substructure lantai bor. Umumnya, panjang cantilever  minimum ( sekitar 14 sampai 20 kaki) diperlukan untuk memindahkan alat pencegahan semburan liar (BOP) dan barang lainnya di samping lambung kapal. Rating penuh biasanya dilakukan di posisi tengah, namun menurun seiring cantilever bergerak ke kedua sisi tengah (biasanya sekitar 15 kaki). Peringkat pada cantilever ekstrem dan ekstrim diluar pusat bisa turun sebanyak 80%, sehingga unit ini hanya mampu melakukan aktifitas workover ringan.
Kemajuan teknologi unit jackup.
Tidak seperti unit muatan cantilever berukuran 1 juta yang sebelumnya, jackup premium baru memiliki range minimal 2 juta lbm. Dengan datanganya sumur-sumur extended reach yang meluas (ERWs), sumur gas yang lebih dalam, dan persyaratan tekanan tinggi / suhu tinggi, diperlukan pemuatan muatan yang lebih tinggi, sehingga banyak jackup yang berusia tua dan dilakukan peningkatan terhadapnya, walaupun tidak sampai pada tingkat tertentu. Unit premium baru dibangun pada akhir tahun 1990an dan awal 2000an.  Unit ini memiliki fitur :
ü  Akomodasi untuk sebuah crew yang beranggotakan 120 orang.
ü  2 juta lbm rating cantilever load
ü  7,500 psi working pressure mud system
ü  70 ft cantilever
ü  400 ft water depth rating
ü  7,500-kip VDL
Keuntungan unit jackup
Tidak seperti platform rig, submersible dan drill ship dan jackup semi upgradeable dari sudut pandang teknis dan komersial., baik kontraktor pengeboran lepas pantai besar dengan armada jackup besar, telah melakukan upgrade dan penyempurnaan yang luas ke unit yang dibangun pada tahun 1970an dan 1980an. Upgrade biasanya terdiri dari:
Mengkonversi slot ke unit cantilever,
 Penguatan kaki dan perpanjangan dengan tangki preload lebih banyak meningkatkan kemampuan lingkungan,
Memperbarui paket pengeboran dengan beban hook yang lebih tinggi dan pemasangan drive atas.
Awalnya, MODU dianggap memiliki umur 12 sampai 15 tahun, namun, melalui lambung dan perawatan peralatan yang ketat dan pembaharuan teknologi, beberapa unit berusia 30 tahun dianggap “modern” dan cocok untuk tujuan tertentu.
Mengapa menggunakan jackup? karena untuk kedalaman 25 hingga 300 ft, ada banyak sekali pilihan rig yang bisa digunakan. Jackup merupakan pilihan yang tepat karena work-platform yang stabil, biaya mobilisasi relatif tidak mahal, dan banyak ketersediaannya.

Comments

INFO HITS

MAKALAH TENTANG BAYI TABUNG (FERTILISASI IN VITRO) DAN TUMBUHAN & HEWAN TRANSGENIK

Fertilisasi In Vitro Bab I A.   Definisi Bayi tabung  atau  pembuahan in vitro  (bahasa Inggris:  in vitro fertilisation ) adalah sebuah teknik pembuahan dimana sel telur (ovum) dibuahi di luar tubuh wanita. Atau FIV adalah teknik mencampurkan sel telur wanita dengan spermaa dari pasangannya ke dalam wadah kecil atau tuba tes di laboratorium untuk membuat fertilisasi terjadi. Begitu sel telurnya berhasil difertilisasi (pada tahap ini dikenal sebagai embrio), satu atau lebih embrio ditempatkan di kandungan wanita melalui serviks.  B.    Tujuan Untuk membantu pasangan suami istri yang sulit mendapat keturunan atau anak. Ataupun bagi pasangan yang ingin menentukan jenis kelamin bagi buah hati mereka. C.   Langkah – Langkah 1.     Istri diberi obat pemicu ovulasi yang berfungsi untuk merangsang indung telur mengeluarkan sel telur yang diberikan setiap hari sejak...

biological task

hi ! makasih untuk malam ini tugas saya telah finished dengan baik ini nih artikelnya : saya dapet dari blog yang keren ini alamatnya blog 1 dan blog 2 informasi dari blog 1 dan 2 gue mixing hehe makasih ya ownernyaa (: Struktur Perkembangan Tumbuhan Posted on December 12, 2011 by Dian Jaringan Tumbuhan  Tumbuhan tersusun atas berbagai jaringan.Definisi jaringan adalah sekelompok sel dengan asal-usul,struktur,dan fungsi yang sama.Jaringan pada tumbuhan dikelompokkan berdasarkan tempatnya dalam tumbuhan, tipe sel, fungsi, asal-usul, dan tahap perkembangannya. Berdasarkan jumlah tipe sel penyusunnya, jaringan dibedakan menjadi jaringan sederhana dan jaringan rumit. Jaringan sederhana bersifat homogen,hanya terdiri dari atas satu tipe sel,sedangkan jaringan rumit bersifat heterogen, terdiri atas dua atau lebih sel. Parenkim, kolenkim, dan sklerenkim adalah jaringan sederhana, sedangkan xilem, floem, dan epidermis  adalah jaringan rumit. A. Jaringan Meristem ...

Review Klinik Kecantikan Gloskin

Halo, akhirnya kesempatan juga untuk posting Review Klinik Kecantikan. Kali ini aku akan nge-review tentang Klinik Kecantikan Gloskin. Postingan ini ditujukan kepada kalian pada beauty seeker yang sedang bingung pilih-pilih klinik mana yang kira-kira bagus buat perawatan wajah. Berdasarkan pengalamanku dulu sih gitu, jadi tiap aku akan melakukan segala sesuatu, pasti aku akan cek ke gugel atau yutup buat sekedar ngliat review-an orang-orang. Biar gak nyesel aja gitu, yaa walaupun ada beberapa klinik yang sudah aku lihat reviewnya tetep aja zonk! wkwkk. Tapi postingan ini aku buat sejujur-jujurnya mengenai Gloskin, guys! Ok, aku critain dulu yah aku ini siapa dan kegiatan apa yang sehari-hari aku lakukan. Jadi gini, guys. Aku ini adalah seorang engineer yang kerjanya dilokasi (kadang onshore kadang juga offshore), tapi aku juga hobi banget nulis jadi aku punya blog ini dari jaman aku SMP, awalnya hanya untuk menyimpan materi belajar tapi sekrang makin kesini makin campur-campur ...