Unit pengeboran lepas
pantai tipe jackup mobile (MODU) telah menjadi unit pengeboran utama bawah
tanah, menggusur kapal selam dan sebagian besar unit platform.
Overview
Keunggulan yang paling
utama dari desain jackup adalah dapat membuat sebuah platform berdiri seimbang
untuk kepentingan pengeboran dan dapat kegiatan mobilisasinya relatif cepat dan
mudah. Meskipun biasanya didesain untuk beroperasipada kedalaman yang sangat
dangkal,beberapa unit yang baru, seperti contohnya “ultra-harsh environment”
Maersk MSC C170-150 MC, merpakan unit yang besar dan bisa dioperasikan di
kedalaman 550 ft pada GOM. Dengan 673.4 ft panjang kakinya, sebuah hull
dimension sebesar 291 x 336 x 39 ftz dan sebuah variable deck load (VDL)
sebesar 10,000 ton. Tipe dari unit ini sangat kompetitif secara komersial hanya
di wilayah North Sea dan pada situasi-situasi yang sangat istimewa. Terdapat 2
tipe unit Jackup :
ü The
independent leg type jackup unit, biasanya terdiri dari 3 kaki dengan
konstruksi jeruji.
ü Tipe
Jackup Mat, kaki-kaki nya disatukan pada mat (sejenis landasan) yang lebar yang
diletakkan pada bagian bawah lautan.
Kedua tipe jackup
diatas memiliki sebuah lambung (hull) yang mengapung sampai ke lokasi,
menjangkarkan kaki-kakinya pada dasar samudra, lalu kemudian jangkarnya akan
mengapung kepermukaan air.
Unit
Jackup Tipe Independent-Leg
Untuk unit
independent-leg, “Pre-loading” dibutuhkan untuk menggerakkan kaki-kakinya untuk
mencapai ke dasar samudra sebelum lambung (hull) nya benar-benar dijangkarkan keluar dari air. Selama
melakukan prosedur ini, MODU jackup terpapar cuaca dan hantaman-hantaman
terhadap kaki-kaki jackup seperti contohnya, satu kaki –nya bisa saja rusak
karena sebuah hantaman keras, meletakkan kaki-kaki yang lain pada sebuah
bentangan yang sangat lebar. Biasanya, 5-ft swells dan atau sebuah combined-sea
8-ft merupakan maksimum area yang mana masih dapat digunakan tipe jackup ini
agar untinya dapat dijangkarkan keluar, jika lambungnya harus tergulung,
terlempar, dan akan terbebani load yang sangat berat , maka akan timbul sebuah
masalah, yaitu kerusakan yang parah pada kaki-kakinya.
Urutan preload biasanya
dilakukan secara bertahap, dengan cara lambung kapal jangan sampai naik lebih
dari 5 ft dari air untuk melindungi dari hantaman kaki. jika dasar lautnya
lunak dan terdiri dari tanah liat, tidak jarang bisa melakukan 7 atau lebih
urutan, dengan masing-masing urutan memakan waktu 7 sampai 12 jam. Preload unit
pompa air laut ke tanki, menambahkan berat
ke lambung dan mengemudikan kaki. Setelah kaki digerakkan dan lambung
masuk ke air, air lautyang masuk dibuang ke luar dan urutan preload bisa
diulang lagi dari awal. Proses ini dilakukan sampai kakitidak lagi menembus
dasar laut. Konsepnya adalah untuk memuat kaki ke tingkat di atas yang akan
dihadapi unit ini dilingkungan yang paling sulit diprediksi.
Unit premium yang lebih baru dan disempurnakan bisa
melakukan preload sekali saja dimana sistem jacking cukup kuat untuk menyambungkan
unit ini dengan semua onboard air preload, bobot dasar lambung kapal, dan VDL
transit penuh. Ini adalah keuntungan yang signifikan karena “ jendela cuaca” yang
jauh lebih kecil dapat diterima untuk memindahkan unit. Jackup paling
rentan terhadap kerusakan atau
kehilangan besar saat mengambang.
Unit
Jackup Tipe Mat
Jenis
jackup mat juga biasanya terdiri dari tiga kaki yang berbentuk silindris dan
berdiameter 8-12 kaki. Matting dilakukan tepat dibawah lambung kapal saat
mobilisasi, biasanya dengan jarak kira-kira 5 ft. Ketika unit datang ke lokasi,
lalu dilakukan pemasangan mat ke dasar laut, dan karena tekanan bantalannya
yang rendah, biasanya di bawah 500-600psf, unit tersebut memasang lambung kapal
tanpa melalui urutan preload yang diperlukan untuk independent-leg unit.
Bethlehem steel corp. membangun sebagian besar unit ini dari tahun 1950an
sampai 1980an. Keuntungan utama meraka adalah harganya yang relatif murah untuk
dilakukan pembangunan dan tdak meninggalkan jejak di lokasi pemboran.
Sayangnya unit jackup tipe mat ini juga memiliki
beberapa kelemahan:
Mereka sangat rentan terhadap kerusakan benda apapun
di dasar samudra. Mereka menderek dengan sangat pelan karena mat dan lambungnya
yang besar dan membuat banyak hambatan. Mat tersebut rentan tercungkil oleh
baling-baling yang berputar. Lambung atas mereka memiliki ruang penyimpanan dek
terbuka yang terbatas. Kaki-kakinya kadang membentuk getaran kaki yang
disebabkan angin yang dikenal sebagai pusaran yang mengakibatkan angin kencang,
yang bisa menyebabkan kegagalan. Tumpahan Vortex adalah bentuk getaran berat
yang terlihat dengan adanya tumpukan asap tanpa spoiler.Sebagian besar rig mat
memiliki silinder untuk kaki dan secara struktural terbatas pada kedalaman air
yang dangkal, biasanya kurang dari 250 sampai 275 kaki. Hanya beberapa unit
yang sudah mencapai 300 kaki. Untuk alasan ini, jackup mat banyak yang tidak
menyukai meskipun harganya relatif lebih murah dan untuk beberapa tipe sumur
dalam jumlah yang banyak.
Faktor-faktor yang
biasanya berpengaruh terhadap kedua jenis jackup tersebut diatas adalah, adanya
gap udara, atau adanya jarak dari mean water level ke bagian bawah dari hull
saat unitnya dijangkarkan pada saat kondisi beroperasi, merupakan hal yang sangat
kritis. Bagian bawah dari hull harus memiliki sebuah air-gap yang cukup lebar
yang mana jika terpapar ombak yang besar, crest tidak akan menabrak hull dan
tidak menyebabkan rig nya terbalik. Ukuran air-gap biasanya 35-50ft, dengan
ukuran air-gap yang cukup besar didalam air dangkal, karena ketinggian ombak akan
terbentuk sesuai dengan penurunan kedalaman air. Jika unit jack up harus
bekerja pada sebuah platform yang memiliki deck yang sangat tinggi, air gaps
mencapai 100 ft merupakan hal yang tidak lazim, namun hal ini sangat mengurangi
rating kedalaman air. Rating kedalaman air pada jackup biasanya menggunakan
sebuah minimal leg penetration sebesar 15 hingga 25ft, yang mungkin tidak
terjadi dalam operasi sebenarnya. Jackup independent dan mat-leg juga hadir
dalam dua jenis lantai bor, slot dan cantilever. Seperti yang telah dibahas
sebelumnya, unit dlot awalnya dibangun pada tahun 1970an; Namun dengan platform
yang lebih besar, kemampuan untuk menghantam lantai bor diatas platform
memiliki keuntungan melebihi unit slot, yang hanya bisa “menelan” platform
ukuran minimal. Saat cantilever bergerak keluar untuk memposisikan dirinya
diatas sumur, umunya kehilangan nilai beban drillstring keseluruhan. Pemuatan
gabungan erdiri dari ketegangan pengait, setback, rotary, dan drive-pipe jika
tegangan itu tergantung pada substructure lantai bor. Umumnya, panjang
cantilever minimum ( sekitar 14 sampai
20 kaki) diperlukan untuk memindahkan alat pencegahan semburan liar (BOP) dan
barang lainnya di samping lambung kapal. Rating penuh biasanya dilakukan di
posisi tengah, namun menurun seiring cantilever bergerak ke kedua sisi tengah
(biasanya sekitar 15 kaki). Peringkat pada cantilever ekstrem dan ekstrim
diluar pusat bisa turun sebanyak 80%, sehingga unit ini hanya mampu melakukan
aktifitas workover ringan.
Kemajuan
teknologi unit jackup.
Tidak seperti unit muatan cantilever berukuran 1
juta yang sebelumnya, jackup premium baru memiliki range minimal 2 juta lbm.
Dengan datanganya sumur-sumur extended reach yang meluas (ERWs), sumur gas yang
lebih dalam, dan persyaratan tekanan tinggi / suhu tinggi, diperlukan pemuatan
muatan yang lebih tinggi, sehingga banyak jackup yang berusia tua dan dilakukan
peningkatan terhadapnya, walaupun tidak sampai pada tingkat tertentu. Unit
premium baru dibangun pada akhir tahun 1990an dan awal 2000an. Unit ini memiliki fitur :
ü Akomodasi
untuk sebuah crew yang beranggotakan 120 orang.
ü 2
juta lbm rating cantilever load
ü 7,500
psi working pressure mud system
ü 70
ft cantilever
ü 400
ft water depth rating
ü 7,500-kip
VDL
Keuntungan
unit jackup
Tidak seperti platform rig, submersible dan drill
ship dan jackup semi upgradeable dari sudut pandang teknis dan komersial., baik
kontraktor pengeboran lepas pantai besar dengan armada jackup besar, telah
melakukan upgrade dan penyempurnaan yang luas ke unit yang dibangun pada tahun
1970an dan 1980an. Upgrade biasanya terdiri dari:
Mengkonversi slot ke unit cantilever,
Penguatan
kaki dan perpanjangan dengan tangki preload lebih banyak meningkatkan kemampuan
lingkungan,
Memperbarui paket pengeboran dengan beban hook yang
lebih tinggi dan pemasangan drive atas.
Awalnya, MODU dianggap memiliki umur 12 sampai 15
tahun, namun, melalui lambung dan perawatan peralatan yang ketat dan
pembaharuan teknologi, beberapa unit berusia 30 tahun dianggap “modern” dan
cocok untuk tujuan tertentu.
Mengapa menggunakan
jackup? karena untuk kedalaman 25 hingga 300 ft, ada banyak sekali pilihan rig
yang bisa digunakan. Jackup merupakan pilihan yang tepat karena work-platform
yang stabil, biaya mobilisasi relatif tidak mahal, dan banyak ketersediaannya.
Comments